Jumat, 24 Maret 2017

Ekologi dan Ilmu Lingkungan

Gambar terkait


Ekologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan atara organisme dengan lingkungannya dan lingkungan lainnya. Mendengar kata ekologi, maka seketika terbesit linfkungan, entah itu pepohonan, pencemaran udara, air dan lain sebagainya. Padahal sejatinya ekologi tidak hanya mempelajari mengenai interaksi manusia dan lingkungannya, tidak selalu identik dengan lingkungan. Ekologi merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan interaksi organisme. ekologi juga menggambarkan interaksi kebudayaan, politik, ekonomi, dan lain sebagainya.

Ekologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "Oikos" yang berarti habitat dan "Logos" yang berarti ilmu. Kesimpulannya ekologi merupakan ilmu yang mempelajari interaksi organisme dalam lingkungannya. Istilah Ekologi sendiri pertama muncul pada tahun 1834-1914 yang dikemukakan oleh Ernest Haeckel.

Ekologi yang dibahas pada tulisan ini merupakan ekologi lingkungan, kaitannya dengan interaksi manusia dan lingkungan. Bicara ekologi lingkungan maka akan selalu berkaitan erat dengan ekosistem dan komponen penyusunnya yang terdiri dari biotik dan abiotik. komponen penyusun ekosistem tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. bahkan hampir bisa dikatakan manusia tidak bisa hidup tanpanya.

Untuk dapat terus bertahan hidup, manusia haruslah peduli pada lingkungannya agar kelestarian ekosistem teap terjaga. Diantaranya dengan menggunakan sumber daya alam secara bijak dan tidak ikut serta dalam mencemari lingkungan. Namun faktanya, pencemaran lingkungan di dunia sangat-sangat tinggi. Bahkan beberapa tempat sudah benar-benar ditinggalkan manusia akibat pencemaran lingkungan yang benar-benar sudah sangat parah yang membuat tempat tersebut tidak layak untuk dijadikan tempat bermukim.

Penyumbang pencemaran lingkungan terbesar adalah limbah pabrik. Pabrik yang selayaknya mengelola limbah dengan bijaksan kenyataannya malah seenaknya. Hukum yang mengatur pun tak kuasa melarang, seaakan tak ada keagungannya. Melihat satu persatu lingkungan kita tercemar, mulai dari udara, air, hingga tanah, lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menciptakan lingkungan yang baik?

Sebenarnya usaha untuk turut serta melesatarikan lingkungan yang sehat sangat-sangat mudah. untuk diri sendiri bisa dimulai degan tidak menggunakan kendaraan pribadi tetapi menggunakan transportasi masal danmembuang sampah pada tempatnya. Dua hal tersebut memang terdengar sepele karena sudah sering didengar dan dihimbau, tetapi aplikasinya nol. Karena itulah lingkungan kita masih belum menjadi lingkungan yang sehat. Padahal jika sebagian saja masyarakat seluruh Indonesia melakukan dua hal tersebut, maka perubahan signifikan akan sangat terlihat.

Lingkungan yang baik dan sehat menjadi impian dan dambaan semua manusia. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang hijau, bersih tertata dan tidak berpolusi. Karena itu untuk mewujudkannya marilah kita berssama-sama menjaga lingkungan agar tetap asri dikrmuan hari. Menyiapkan bekal untuk anak cucu kita di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar