Jumat, 24 Maret 2017

Karakteristik Ekologi Sumber Daya Alam

Hasil gambar untuk sumber daya alam

     Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan manusia atau benda hidup dengan linkungannya. Sumber daya alam merupakan salah satu bagian dari ekolo yang memilki beberapa karakteristik.
       Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya. Sumber daya alam terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
1.      Sumber daya alam berdasarkan sifat pembaharuan:
           a.     Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (renewable), yaitu sumber daya alam yang                dapat digunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan. Contohnya air, tumbuh-tumbuhan,
                hewan, hasil hutan, dan lain lain.
           b.    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (non renewable), yaitu sumber daya alam                  yang tidak dapat di daur ulang atau bersifat hanya dapat digunakan sekali saja atau tidak dapat             dilestarikan serta dapat punah. Contohnya minyak bumi, batubara, timah, gas alam.
          c.     Sumber daya alam yang tidak terbatas jumlahnya unlimited. Contohnya sinar matahari, arus                air laut, udara, dan lain lain.


Hasil gambar untuk sumber daya alam

2.      Sumber daya alam berdasarkan kegunaan atau penggunaannya atau potensinya:
      a.    Sumber daya alam penghasil bahan baku, yaitu sumber daya alam yang dapat digunakan               untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanya akan menjadi lebih tinggi.       Contohnya hasil hutan, barang tambang, hasil pertanian, dan lain-lain.
           b.    Sumber daya alam penghasil energi, yaitu sumber daya alam yang dapat menghasilkan atau                 memproduksi energi demi kepentingan umat manusia di muka bumi. Misalnya ombak, panas               bumi, arus air sungai, sinar matahari, minyak bumi, gas bumi, dan lain sebagainya.
           c.    Sumber daya alam ruangmerupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup,             misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.
      3.   Sumber daya alam berdasarkan jenisnya:
          a.    Sumber daya alam nonhayati (abiotik) yang disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber            daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya bahan tambang, tanah, air, dan kincir                    angin.
          b.    Sumber daya alam hayati (biotik) merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup.               Misalnya hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.




Sumber : https://rikihamdanielektro.wordpress.com/2011/11/05/karakteristik-ekologi-sumber-daya-alam/ dan google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar